CLOUD STORAGE

CLOUD STORAGE
Sekarang ini teknologi menyimpan data sudah memasuki era baru yaitu menggunakan penyimpanan online atau yang disebut dengan Cloud Storage. Teknologi Cloud Storage ini lebih fleksibel karena kita sebagai pengguna tidak membutuhkan media fisik lagi untuk menyimpan data. Semua data akan disimpan di penyedia layanan Cloud Storage.

Berikut adalah kelebihan serta kekurangan cloud storage

KELEBIHAN

o   Tidak Memakan Tempat

Karena bersifat virtual, penyimpanan cloud tidak membutuhkan media fisik seperti CD, flashdisk atau hard disk. Selain itu kasus rusak atau kehilangan media penyimpanan bisa diminimalisir dengan menggunakan penyimpanan online.

o   Relatif Lebih Aman

Karena tidak disimpan secara fisik, data yang kamu miliki akan lebih aman karena hanya kamu pribadi yang bisa mengakses data tersebut. Tidak seperti media simpan fisik yang bisa digunakan secara bebas dan mungkin saja bisa disalahgunakan oleh pihak lain.

o   Bisa Diakses Dimana Saja

Kamu tidak perlu lagi membawa hard disk eksternal kemana-mana karena semua data yang kamu miliki sudah tersimpan rapi secara online di internet. Saat kamu membutuhkannya, tinggal buka dan unduh saja. Kamu juga bisa melakukan editing pada file yang kamu simpan.

KEKURANGAN

o   Harus Terkoneksi dengan Internet

Karena berbasis online, mau tidak mau kamu harus punya akses internet untuk mengakses data yang kamu simpan. Ditambah jika kamu ingin menggunakan data tersebut, kamu juga harus mengunduhnya terlebih dahulu. Terlebih untuk file dengan ukuran besar kamu akan membutuhkan bandwith yang cukup banyak dan tentunya waktu yang tidak sedikit untuk mengunduhnya.

o   Situs Maintenance

Mungkin ini bisa menjadi masalah besar bagi pengguna Cloud Storage. Tentu jengkel rasanya saat kamu harus mengakses data yang kamu simpan via cloud namun ternyata situs yang kamu gunakan sedang mengalami perbaikan (maintenance) . Hal seperti ini memang sangat jarang terjadi, tapi tetap saja membuat pengguna kesal.

PILIH CLOUD STORAGE ATAU HARD DRIVE?

CLOUD STORAGE

HARD DRIVE

·         Dapat mengakses file dimanapun

·         Kemudahan sharing file

·         gratis

·         Harus terkoneksi dengan internet

·         Transfer data lama

·         Akses dimana saja

·         Keamanan lebih terjaga karena jauh dari hacker

·         Tidak perlu terhubung ke internet

·         Transfer data lebih cepat

·         Rentan dicuri dan dirusak

·         Kemudahan back up data

Tetapi Semua itu tergantung dengan kebutuhan masing-masing.

Sumber:

http://www.teknosee.com/2016/06/kelebihan-dan-kekurangan-cloud-storage-untuk-menyimpan-data.html

http://www.usatoday.com/story/tech/columnist/saltzman/2015/02/21/hard-drive-cloud-backup/23671659/

http://www.arvigbusiness.com/storage-wars/

Leave a Reply

Your email address will not be published.