SDLC atau System Development Life Cycle adalah tahapan-tahapan pekerjaan yang dilakukan oleh analis sistem dan programmer dalam membangun sistem informasi.
berikut SDLC yang dilakukan untuk siste keuangan kampus:
- Planning: Sistem Informasi Keuangan Kampus Berguna untuk monitoring pemasukan dan pengeluaran UKT mahasiswa, Mendefinisikan sistem yang akan dikembangkan, Membuat Manajemen Proyek
- Analisis: Mengumpulkan kebutuhan-kebutuhan informasi terkait dengan sistem yang akan dibangun
Informasi yang dibutuhkan:
- Database Mahasiswa
- Transaksi Mahasiswa
- Detail Transaksi
- Anggaran & Detail Anggaran
- Jurnal Keuangan
- Design:
Mendisain Technical Architecture
Mendisain Model
Design sederhana hasil analisis sistem informasi keuangan menggunakan Ms. Access
- Development/ Pengembangan:
Membuat Technical Architecture
Menulis program, create database
Pembuatan Database sederhana dengan Ms. Access
- Testing:
Melakukan berbagai testing terkait dengan sistem baru
Percobaan database dengan bentuk pengisian form pada Ms. Access, Menguji program (user friendly)
- Implementasi:
Menyiapkan production, Documentation, Konversi Sistem
- Database ini akan dapat diakses secara online, selama operator memiliki username dan password
- Terhubung online dengan bank yang sudah berkorporasi
- Tersedia tutorial untuk pengguna baru
- Maintenance/ Pemeliharaan: Menyediakan helpdesk, Pemeliharaan berkala