Sistem Informasi Keuangan dengan SDLC

 

SDLC atau System Development Life Cycle adalah  tahapan-tahapan pekerjaan yang dilakukan oleh analis sistem dan programmer dalam membangun sistem informasi.

berikut SDLC yang dilakukan untuk siste keuangan kampus:

  • Planning: Sistem Informasi Keuangan Kampus Berguna untuk monitoring pemasukan dan pengeluaran UKT mahasiswa, Mendefinisikan sistem yang akan dikembangkan, Membuat Manajemen Proyek
  • Analisis: Mengumpulkan kebutuhan-kebutuhan informasi terkait dengan sistem yang akan dibangun

Informasi yang dibutuhkan:

  1. Database Mahasiswa
  2. Transaksi Mahasiswa
  3. Detail Transaksi
  4. Anggaran & Detail Anggaran
  5. Jurnal Keuangan
  • Design:

Mendisain Technical Architecture

Mendisain Model

Design sederhana hasil analisis sistem informasi keuangan menggunakan Ms. Access

 

  • Development/ Pengembangan:

Membuat Technical Architecture

Menulis program, create database

Pembuatan Database sederhana dengan Ms. Access

 

  • Testing:

Melakukan berbagai testing terkait dengan sistem baru

Percobaan database dengan bentuk pengisian form pada Ms. Access, Menguji program (user friendly)

  • Implementasi:

Menyiapkan production, Documentation, Konversi Sistem

  1. Database ini akan dapat diakses secara online, selama operator memiliki username dan password
  2. Terhubung online dengan bank yang sudah berkorporasi
  3. Tersedia tutorial untuk pengguna baru
  • Maintenance/ Pemeliharaan: Menyediakan helpdesk, Pemeliharaan berkala

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.